Contact Twitter Facebook
Hub. Kami +62 21 2972 5488

16 Aug

Bung Karno pernah berkata, “Berikan aku 1000 orang tua niscaya akan ku cabut Semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia”. Berat dan penuh makna, yang bisa kita ambil hikmahnya ketika memaknai kalimat singkat dari mantan presiden nomor 1 itu.

Berbicara tentang pemuda jelas tidak akan ada habisnya. Sebab generasi muda akan berjumlah banyak di setiap era. Berikut akan dibahas 10 pemuda yang meinspirasi Indonesia pada era dan bidang profesi yang berbeda :

sumber : www.wikipedia.com

sumber : www.wikipedia.com

1. Soekarni

Sosok muda yang enerjik dan memiliki intuisi yang luar biasa ini menjadi cikal bakal terjadinya Proklamasi Kemerdekaan. Mengenyam pendidikan dari ilmu jurnalistik Bandung ini dikenal sebagai revolusioner yang berhasil ditakuti oleh kolonial Belanda karena dia seorang pemberontak. Atas gelora jiwa muda yang dimilikinya lah, Bung Karno berhasil memproklamirkan kemerdekaan setelah pengasingan Rengasdengklok oleh Soekarni . (Dikutip dari Wikipedia)

Emil2. Ridwan Kamil

Siapa yang tidak tahu Ridwan Kamil, sosok muda dengan sapaan kang emil yang juga Walikota Bandung ini telah menginspirasi kaum muda perkotaan untuk giat dalam kegiatan lingkungan, bernama Indonesia Berkebun. Sebuah gerakan menggabungkan aspek sosial dan hobi (urban farming) berhasil menyulap lahan-lahan kosong di perkotaan untuk dijadikan lahan perkebunan. Kini gerakan tersebut berhasil menarik minat kaum urban perkotaan untuk mencintai kegiatan berkebun. (Dikutip dari berbagai sumber)

Dr Riny

3. Dr. Riny Sari Bachtiar

Seorang dokter muda yang merupakan koordinator volunteer dokter terbang ini patut diacungkan jempol. Atas inisiatif dan keberanian tinggi ia berhasil menembus pedalaman Papua yang ketika itu ia dan tim dokter volunter terhalang oleh kondisi fasilitas dan akses kesehatan yang tersedia di sana, ia menerjang jalur laut dan tak tak jarang melampaui pedalaman menggunakan kapal perintis. Kini berkat dedikasinya itu, akses transportasi dan fasilitas kesehatan perlahan diberikan oleh Pemerintah pusat dan setempat. (Dikutip dari detik.com)

Martunis4. Pesepak Bola, Martunis

Tragedi Tsunami yang terjadi 12 tahun lalu di Aceh menjadi titik balik jalan hidup bagi anak 12 tahun lalu. Adalah Martunis sang anak kecil yang diangkat anak oleh Cristiano Ronaldo kini sudah tumbuh dewasa dan kini sudah menjadi pesepak bola di klub besar Sporting Lisbon, Portugal. Perjalanan hidup yang berawal dari kesedihan kini sudah menjadi prestasi gemilang yang menjadi inspirasi bagi anak-anak Indonesia. (Dikutip dari: bola.viva.co.id)

Nadiem Makariem

5. Nadiem Makarim,

Sang juragan Go-jek Fenome ojek online di Indonesia menjadi terobosan baru teknologi yang patut diperhitungkan. Siapa sangka pria muda bernama Nadiem Makarim sang pendiri Go-jek terinspirasi dari rutinitas penggunaan ojek di Jakarta yang memprihatinkan. Modernisasi yang dlakukan nya bertujuan agar para ojek dapat memiliki akses komunikasi, transaksional pembayaran, dan produktivitas akan meningkat. Maka tidak heran, jika nama brand gojek begitu pesat 2 tahun terakhir ini. (Dikutip dari berbagai sumber)

ferry6. Ferry Unardi

Lagi-lagi masih tentang bisnis online yang cukup inspiratif dari kaum muda. Ferry Unardi, pria asal Padang, Sumatra Barat mengibarkan e-commerce Traveloka setelah ia lulus menjadi sarjana di Amerika. Gagasan ide ini berawal dari pengalaman dirinya yang sulit mencari tiket pesawat pulang dengan harga yang murah ketika di Amerika. Kini Traveloka berhasil menjadi pioneer munculnya e-commerce dalam bidang traveling. (dikutip dari www.swa.co.id)

Tiza7. Tiza Mafira

Penggunaan plastik yang tidak mudah diurai membuat kekhawatatiran tersendiri bagi Tiza Mafira perempuan cantik penggagas Gerakan indonesia Diet Kantong Plastik (GIDP). Gerakan ini dimulai dari inisiatif dirinya yang mengajak seluruh masyarakat untuk sama-sama peduli dengan bahayanya penggunaan kantong plastik dalam kehidupan sehari-hari. Kampanye pertama dilakukan dengan petisi online di change.com. Hasilnya, kini ia berhasil menarik anak muda seluruh Indonesia untuk peduli, dalam satu wadah komunitas bernama Indonesia Diet Kantong Plastik. (Dikutip dari www.liputan6.com)

Mitha8. Miftahul Huda

Menjadi seorang petani mungkin tidak masuk dalam daftar cita-cita anak bangsa saat ini. Tapi tidak bagi Miftahul Huda. Lulusan Institut Pertanian Bogor ini sangat beda. Idelisme dan cita-cita mulia untuk pulang ke kampung halaman sebagai petani modern, ini berhasil membangun Banjarnegara dengan budidaya kentang. Tidak hanya sebagai pemenuhan sumber pangan, ia juga membuka lahan pekerja dengan mengajak para petani untuk menggarap lahan sebagai upaya budidaya kentang. (Dikutip dari : www.tabloidsahabatpetani.com)

134821_marshachikita9. Marsha Chikita Fawzi

Siapa yang tidak kenal dengan tokoh kartun Upin Ipin yang sudah menghibur anak anak indonsia. Adalah Marsha Chikita Fawzi sang kartunis asal Indonesia yang menciptakan sosok kartun upin ipin saat ini. Walaupun kartun upin ipin merupakan produksi Malaysia, Indonesia harus berbangga memiliki anak bangsa yang bisa membawa nama harum bangsa di negara lain. (Dikutip dari detik.com)

radit2dlm10. Raditya Dika

Sosok muda, cerdas, kreatif dan pandai menghibur ini dinobatkan menjadi tokoh inspiratif bagi kaum muda tanah air. Gagasan Cerdasnya dituangkan dengan karya seni baik berupa karya novel, film ataupun stand up comedy show berhasil meraih antusiasme kaum muda Indonesia. Bahkan Sosial media yang dimilikinya kini sudah menembus lebih dari 7 juta followers. (Dikutip dari: www.kaltimtribunnews.com)

70 tahun kemerdekaan Indonesia kini membawa harapan baru dengan semangat baru. Apa pun dan di mana pun kita berkarya sudah seharusnya didedikasikan untuk tanah Air tercinta. Dirgahayu Republik Indonesia ke 70 tahun semoga makin berjaya menembus sangsaka internasional dengan semangat muda penuh inspiratif bersama kita bisa.

 


Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.