Contact Twitter Facebook
Hub. Kami +62 21 2972 5488

29 May

 

DSC01668Pertemuan Teknis Kelapa Sawit (PTKS) 2015 di Yogyakarta bulan lalu (20/5) memberikan kesan tersendiri bagi pengunjung dan exhibitor yang terdiri dari produsen dan jenis perusahaan pendukung bisnis usaha kelapa sawit di Indonesia. PTKS 2015 merupakan rangkaian dari seminar, workshop, pameran industri kelapa sawit, dan diakhiri dengan field trip yang diikuti oleh perusahaan-perusahaan kelapa sawit yang ada di Indonesia.

Kebersamaan yang terjalin selama empat hari berturut-turut seperti ajang reuni (temu kangen) para pelaku bisnis kelapa sawit di mana pun. Saling tukar gagasan dan permasalahan yang terjadi di lapangan menjadikan pertemuan ini seperti lumbung solusi dari tiap-tiap perusahaan. Bisa dikatakan pelaku bisnis kelapa sawit “Dia Lagi, Dia Lagi”, hampir di beberapa pertemuan kelapa sawit mereka sering bertemu, maka tidak heran jika senyum, selalu terlihat di Ballroom Alana Hotel, Yogyakarta. Selain itu juga, suasana makin meriah ketika salah satu peserta menyumbangkan lagu di panggung, tidak lama peserta lainnya saling unjuk gigi hingga terjadilah kolaborasi antar peserta. Kondisi ini membuat para exhibitor yang membuka booth pameran juga ikut menikmati suasana ruangan hingga banyak yang tersenyum dan tertawa. DSC01669

Sebuah event seperti pameran tidak hanya sekedar berbisnis. Ihwal tujuan bisnis yang utama, namun jauh dari itu, hubungan kedekatan yang dapat dimengerti satu sama lain dalam hal pembibitan kelapa sawit berupa teknologi dan mengetahui apa yang dibutuhkan oleh tiap perusahaan juga kian penting, karena kebutuhan tiap perusahaan berbeda maka fungsi konsultasi kerap dijalankan oleh para exhibitor. Begitu juga dengan Massgro, salah satu perusahaan penyedia wadah/alat persemaian kelapa sawit berupa pot tray berkesempatan untuk berpartisipasi sebagai exhibitor di PTKS 2015 Yogyakarta.

DSC01642Banyak pelaku usaha kelapa sawit baik bidang Riset, Pengadaan, Marketing, Development, hingga Direktur mengunjungi stand Massgro yang berkuran 3×3 meter yang bernuansa hijau, dan juga terintegrasi dengan visi kami yaitu “Praktis dan Inovatif”. Mereka berkunjung sambil  berbagi cerita dan pengalaman seputar media persemaian yang selama ini mereka gunakan. Selain itu berdasarkan pengamatan dari cerita-cerita dan pengalaman yang dilontarkan para pengunjung, Massgro berinisiatif untuk menawarkan produknya untuk menjadi solusi permasalahan yang muncul ketika di lapangan.

Pada dasarnya  Permasalahan yang muncul ketika persemaian (pre nursery) adalah wadah yang cepat rusak, perlu adanya efisiensi, jumlah lahan yang terbatas, dan limbah polybag yang menumpuk di lahan. Untuk itu, Massgro hadir menawarkan pilihan lain dalam hal wadah persemaian yang ergonomis (mudah digunakan), jika dibandingkan dengan wadah persemaian yang lain, pot tray Massgro tidak membutuhkan banyak tanah, sehingga dikatakan cukup efisien.

DSC01647Massgro memberikan kesempatan bagi perusahaan yang ingin memesan trial produk bernama 320 cc Square Tube dengan tujuan sebagai riset, komperasi penggunaan dengan wadah persemaian sebelumnya, atau sebagai alat utama persemaian kelapa sawit itu sendiri. Produk Massgro yang diperkenalkan lainnya adalah inovasi baru persemaian dari Denmark bernama Ellepot System. Ellepot System merupakan inovasi baru persemaian yang menggunakan paper cup (berbahan kertas) yang lebih efisien dan tidak menimbulkan limbah di tanah. Ellepot masih diperuntukan untuk Hutan Tanaman Industri (HTI) seperti akasia, sedang untuk kelapa sawit masih proses uji coba di Ekuador.

PTKS 2015 tidak hanya memberikan peluang bisnis melainkan kebersamaan sehingga terjalin hubungan persahabatan. Harapan tercipta simbiosis mutualisme antara exhibitor dan pengunjung atau bahkan exhibitor dengan exhibitor akan nyata di depan mata. Sampai jumpa pada kesempatan yang akan datang pada pameran-pameran berikutnya.


One Response to News Report : Bisnis, Kebersamaan, dan Persahabatan di PTKS 2015

  1. Pingback: News Letter “Terimakasih” « MassGro

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.